Teknik Elektro

0

Laboratorium

220

Mahasiswa

14

Kelas

3

Program studi

0

Prestasi

28

Dosen

Politeknik Negeri Malang merupakan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi vokasi. Menurut pasal 16 UU No 12 Tahun 2012, pendidikan tinggi vokasi adalah program diploma, program sarjana terapan, program magister terapan sampai program doktor terapan. Ciri khas sistem pendidikan POLINEMA adalah perkuliahan yang menggunakan sistem paket, kelas kecil (maksimum 30 mahasiswa) dengan proses pembelajaran yang didesain khusus, bidang hard skill dan softskill, agar lulusannya siap kerja. Hard skill dicapai dengan konsep learning by doing melalui kurikulum berbasis kompetensi berisikan materi 40% dan praktek 60%. Penekanan soft skill diarahkan untuk mencapai karakter kejujuran, kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama tim, dan kecerdasan dalam bekerja. Karakter tersebut dibentuk melalui pendidikan dasar kedisiplinan di Lembaga Pendidikan Kemiliteran, saat penerimaan mahasiswa baru dan melalui kegiatan serta ekstrakurikuler.

JENJANGPROGRAM STUDITAHUN BERDIRIAKREDITASI
D3TEKNIK LISTRIK1982B
D3TEKNIK ELEKTRONIKA1982A
D3TEKNIK TELEKOMUNIKASI1986B
D4SISTEM KELISTRIKAN2006B
D4TEKNIK ELEKTRONIKA2009B
D4JARINGAN TELEKOMUNIKASI DIGITAL2009B
S2 TerapanTEKNIK ELEKTRO2016

Kunjungi website jurusan

Teknik Mesin

0

Laboratorium

180

Mahasiswa

11

Kelas

3

Program studi

1

Prestasi

17

Dosen

Sejarah Singkat

1982Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) adalah empat jurusan pertama yang dimiliki oleh POLINEMA yang saat itu bernama Politeknik Universitas Brawijaya. Pada awal berdirinya, Jurusan Teknik Mesin POLINEMA hanya memiliki satu  Program Studi, yaitu Program Studi Diploma III dengan konsentrasi: produksi dan perawatan
2007Penambahan konsentrasi otomotif dan desainpada Program Studi Diploma III
2012Konsentrasi Otomotif Program Studi Diploma III dihapuskan
2013Konsentrasi Desain Program Studi Diploma III dihapuskan
2004Politeknik Universitas Brawijaya resmi memperoleh status kemandirian menjadi Politeknik Negeri Malang melalui SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 147/O/2004 tanggal 22 November 2004, sehingga nama Jurusan Teknik Mesin Politeknik Universitas Brawijaya berubah menjadi Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
2005Jurusan Teknik Mesin menambah program studi baru dengan membuka Diploma IV Program Studi Teknik Otomotif Elektronik berdasarkan surat ijin Dirjen Dikti nomor: 2964/D/T/2005
2014Berdasrkan surat ijin Dirjen Dikti nomor: 34/E/O/2014, tanggal 29 April 2014, Jurusan Teknik Mesin menambah program studi baru Diploma IV Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan

Visi

Menjadi lembaga pendidikan vokasi terdepan dengan penguasaan teknologi dan penelitian terapan bidang teknik mesin sesuai kompetensi industri untuk menghasilkan alumni yang  mampu menghadapi persaingan nasional dan global

Misi

  1. Menghasilkan lulusan profesional berwawasan terbuka, produk dan jasa yang mampu bersaing di pasar nasional dan global bidang teknik mesin dengan menyediakan lingkungan yang kondusif.
  2. Mengembangkan penguasaan teknologi dan penelitian terapan untuk memecahkan masalah di bidang pelayanan teknik mesin khususnya yang berkaitan dengan produksi-manufaktur, perawatan, otomotif dan desain.
  3. Memperluas kerjasama dengan industri dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan kompetensi industri dan menumbuhkan jiwa teknoprener.
  4. Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia dalam mengembangkan suasana akademik yang kondusif dengan mengimplementasikan nilai etika dan moral akademis.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dengan pemahaman yang mendetail tentang prinsip-prinsip dan konsep-konsep teknik yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan teknik.
  2. Menghasilkan lulusan dengan ketrampilan praktis di bidang teknik yang berpengalaman dalam menerapkan teknologi dan teknoprener bidang produksi, instalasi; perawatan dan perbaikan, desain, dan otomotif.
  3. Menghasilkan lulusan dengan keahlian yang mendetail tentang pemanfaatan teknologi software aplikasi teknik modern sebagai alat bantu menyelesaikan permasalahan teknik dan manajemen.
  4. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan komunikasi efektif dalam bahasa Indonesia dan Inggris dalam bidang teknik dan umum.
  5. Menghasilkan teknologi terapan, produk, dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan industri dan keharmonisan kerjasama dengan industri, instansi pemerintah dan swasta di dalam dan di luar negeri.
Kunjungi website jurusan

Teknologi Informasi

0

Laboratorium

200

Mahasiswa

9

Kelas

2

Program studi

3

Prestasi

17

Dosen

D-IV Teknik Informatika

Program D-IV Program Studi Teknik Informatika, Konsentrasi Sistem Informasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga Sarjana Sains Terapan bidang sistem informasi, yang memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan basis data, proses bisnis, dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi Lulusan

  1. Konsentrasi Sistem Informasi
  2. Perancang, pembuat, dan technopreneur bidang perangkat lunak.
  3. Teknisi bidang perangkat lunak.

Peluang Kerja
Lulusan Program Studi Manajemen Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, Militer, dan wirausaha.

D-III Manajemen Informatika

Program Studi Manajemen Informatika, Konsentrasi Sistem Informasi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang sistem informasi, yang memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan basis data, proses bisnis, dan prosedur bisnis dalam bentuk perangkat lunak, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Program Studi Manajemen Informatika, Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang teknik komputer dan jaringan, yang memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan sistem jaringan dan perangkat pendukungnya, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Program Studi Manajemen Informatika, Konsentrasi Multimedia dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang multimedia, yang memiliki kompetensi bidang manajerial, desain, dan pembuatan perangkat lunak berupa pengolahan teks, audio, video, image, animasi perangkat mobile, desktop, dan jaringan, yang berkarakter technopreneur, sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi Lulusan

  1. Konsentrasi Sistem Informasi.
    • Perancang, pembuat, dan technopreneur bidang perangkat lunak.
    • Teknisi bidang perangkat lunak.
  2. Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan.
    • Perancang, pembuat, dan technopreneur bidang sistem jaringan dan perangkat pendukungnya.
    • Teknisi bidang sistem jaringan dan perangkat pendukungnya.
  3. Konsentrasi Multimedia
    • Perancang, Pembuat, dan Technopreneur bidang perangkat lunak berupa audio, video, pengolahan teks.
    • Perancang, Pembuat, dan Technopreneur bidang animasi pada perangkat mobile, desktop, dan jaringan.

Peluang Kerja
Lulusan Program Studi Manajemen Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, Militer, dan wirausaha.

Kunjungi website jurusan

Teknik Kimia

0

Laboratorium

110

Mahasiswa

7

Kelas

2

Program studi

0

Prestasi

11

Dosen

Departemen Teknik Kimia Polinema didirikan pada tahun 1987 yang merupakan satu dari lima departemen serupa di Politeknik Negeri yang berlokasi di seluruh Indonesia. Departemen ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil menengah di Jawa Timur khususnya, mengingat semakin banyaknya industri kimia di Jawa Timur. Departemen Teknik Kimia melakukan program pendidikan kejuruan dengan memprioritaskan pengembangan pendidikan dan penelitian berbasis kompetensi, di mana alokasi waktu / jam untuk teori dan materi praktik adalah 47%: 53%. Proses belajar mengajar di Departemen Teknik Kimia memberikan ketentuan dalam aspek psikomotor dengan porsi yang sangat besar sehingga siswa memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai pekerjaan di industri kimia, tetapi tetap membekali mereka dengan pengetahuan yang memadai. Departemen Teknik Kimia telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai industri kimia, dalam negeri maupun luar negeri, seperti industri perminyakan di Abu Dhabi dan Qatar, polimer, pengemasan, tekstil, semen, minyak bumi, susu, gula, gas, industri kertas yang tersebar di semua atas Indonesia.

Kunjungi website jurusan

Akuntansi

0

Laboratorium

160

Mahasiswa

9

Kelas

3

Program studi

0

Prestasi

16

Dosen

D-IV Akuntansi Manajeman

Program D-IV program studi akutansi manajemen dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga sarjana sains terapan bidang akutansi manajemen,akutansi biaya,pengendalian internal,keuangan,dan perjakan,yang berkarakter technopreneur,sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi Lulusan

  1. Perencana,pelaksanaan,auditor,dan analis sistem akutansi perusahaan jasa,dagang,dan industri.
  2. Penyusun anggaran perusahaan jasa,dagang,dan industri.
  3. Perencana,pengendali,dan pengambil keputusan bisnis.
  4. Pembuatan laporan pajak,laporan keuangan komerial dan fiskal.
  5. Analis laporan keuangan,investasi,dan saham.

Peluang Kerja
Lulusan program studi D-IV Akutansi Manjemen,telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri,diantara perbankan, BUMN,pemerintah daerah, pertambangan ,perusahaan manufaktur,perusahaan retail,perusahaan jasa,pegawai negeri sipil/militer,dan wirausaha.

D-IV Keuangan

Program Studi D-IV Keuangan didirikan untuk mewujudkan tenaga berkualifikasi sarjana sains terapan bidang keuangan yang memiliki integritas, etika profesi, karakter technopreneur dan kompetensi bidang keuangan sehingga mampu bersaing secara global.

Kompetensi Lulusan

  1. membuat analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan berbagai entitas, dan memberikan solusi alternatif untuk berbagai masalah keuangan.
  2. untuk memberikan nasihat keuangan yang mendukung klien dan kolega dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.
  3. untuk membuat perencanaan dan analisis fundamental dan teknis tentang investasi aset nyata dan tidak nyata dan memberikan opsi investasi alternatif yang paling layak
  4. untuk memastikan teknik penilaian kelayakan kredit, menghitung, menganalisis dari berbagai aspek, melaporkan dan memutuskan aplikasi kredit dan dapat mengatasi pinjaman bermasalah.
  5. untuk menyusun rencana bisnis yang komprehensif baik aspek keuangan dan non-keuangan dari teknologi informasi berdasarkan berbagai entitas (publik / swasta) untuk mencapai tujuan strategis.
  6. untuk melaksanakan manajemen keuangan dan mengidentifikasi berbagai masalah keuangan dan merumuskan solusi untuk berbagai jenis organisasi yang terkomputerisasi.
  7. untuk membuat penilaian terhadap aset nyata sebagai dasar untuk keputusan bisnis.

Peluang Kerja

  1. Perusahaan jasa: Industri Keuangan Bank dan Non Bank baik konvensional syariah (Bank dan BPR), Perusahaan Asuransi, industri transportasi darat laut dan udara, Konsultan Akuntansi dan Perpajakan, perusahaan kontraktor dsb.
  2. Perusahaan dagang: dealer dan distributor berbagai jenis barang, perusahaan retail dsb.
  3. Perusahaan Pabrikasi: manufaktur/pabrik berbagai jenis barang (semen, rokok, pengolahan pangan dsb.)
  4. Lembaga Pemerintahan dan sector Publik: pemerintahan daerah kota dan kabupaten di berbagai dinas/SKPD
  5. Koperasi dan UKM

D-III Akuntansi

Program studi akutansi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang akutansi,yang memiliki kopetensi melaksanakan dan mengelola bidang akutansi manajemen,akutansi biaya, pengendalian internal,keuangan,dan perpajakan,yang berkarakter tecnopreneur,sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi Kelulusan

  1. Penyusunan laporan keuangan komersial dan fiskal.Perhitungan ,pengsian ,dan pelaporan surat pemberitahuan pajak.
  2. Perencana,pelaksana,auditor,dan analis sistem akutansi perusahaan jasa,dangang,dan industri.
  3. Penyusun anggaran perusahaan perusahaan jasa,dagang,dan industri.
  4. Perencana,pengendalian,dan pengambilan keputusan bisnis.
  5. Analis laporan keuangan,investasi,dan saham.

Peluang Kerja
Lulusan program studi akutansi,telah berhasil terserap didunia usaha dan industri,diantaranya perusahaan perbankan,BUMN,pemerintah daerah,pertambangan, perusahaan,manufaktur,perusahaan retail,perusahaan jasa,pegawai negeri sipil/militer,dan wirausaha.

Kunjungi website jurusan

Administrasi Niaga

0

Laboratorium

300

Mahasiswa

13

Kelas

3

Program studi

1

Prestasi

30

Dosen

D-IV Manajemen Pemasaran

Program D-IV program studi  pemasaran dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga sarajana sains terapan bidang manajemen pemasaran yang meliputi bidang perencanaan,pelaksanaan program dan evaluasi program pemasaran yang berbasis teknologi yang berkarakter technopreneur,sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi lulusan

  1. Perencana,pengelola,pelaksana,dan evaluator aktivitas usaha;
  2. Perencana,pengelola,pelaksana,dan evaluator program pemasaran;
  3. Perencana,pengelola,pelaksana,dan evaluator program penjualan;
  4. Perencana,pengelola,pelaksana,dan evaluator bidang adminitrasi penjualan dan pemasaran;
  5. Perencana,pelaksana,dan evaluator  even bisnis dan pemasaran;
  6. Pelaksana praktek dasar bisnis internasional.

Peluang kerja

Lulusan program studi manajemen pemasaran, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan perbankan, perkantoran, perhotelan, pariwisata, perusahaan manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa, pegawai negeri sipil, dan berwirusaha.

D-III Administrasi Bisnis

Visi Program Studi

  • Menjadi program studi penyelenggara pendidikan vokasi bidang administrasi bisnis yang unggul dalam persaingan global pada tahun 2025.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan program studi Diploma III di bidang Administrasi Bisnis yang berkualitas, inovatif, dan unggul dalam persaingan global sesuai kebutuhan industri, lembaga pemerintah dan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat di bidang administrasi bisnis dan pemasaran.
  3. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pembelajaran dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lembaga pendidikan dan industri di bidang pengembangan profesi terkait bidang administrasi bisnis dan pembinaan usaha kecil dan menengah.
  5. Menyelenggarakan sistem pengelolaan program studi dengan berdasar pada prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan vokasi dan tata pamong yang efektif dan akuntabel.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan tersertifikasi internasional dalam bidang Pemasaran dan Administrasi Perkantoran yang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya untuk bekerja secara profesional dan/atau menciptakan aktivitas bisnis (untuk mencapai misi nomor 1).
  2. Mengembangkan program-program kerjasama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan industri dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kontribusi terhadap masyarakat di bidang administrasi bisnis dan pemasaran (untuk mencapai misi nomor 1, 2, 4).
  3. Menghasilkan penelitian terapan dengan dalam bidang pendidikan, usaha kecil, usaha menengah, dan koperasi terkait bidang administrasi bisnis dan pemasaran (untuk mencapai misi nomor 2).
  4. Melakukan komunikasi yang baik antara dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat (untuk mencapai misi nomor 3).
  5. Memberikan bantuan pada usaha kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi untuk meningkatkan keterampilan manajemen (untuk mencapai misi nomor 4).
  6. Mengembangkan kemampuan tenaga kependidikan dan database management system (DBMS) yang andal untuk mendukung komunikasi antar civitas akademika serta masyarakat dengan program studi, pengambilan keputusan dan akuntabilitas program studi (untuk mencapai misi nomor 3, 5).

D-III Bahasa Inggris

Visi Program Studi

  • Menjadi Sebuah Penyelenggara Pendidikan Professional Berkualitas dan Berakuntabilitas di Bidang Bahasa Inggris Terapan yang Memiliki Relevansi yang Tinggi dengan Kebutuhan Masyarakat Sejalan dengan Perkembangan Ilmu, Teknologi, dan Industri di Era Globalisasi/Perdagangan Bebas.

Misi Program Studi

  • Mampu menyelenggarakan proses pendidikan profesional di bidang bahasa Inggris terapan yang berkualitas dan berakuntabilitas yang secara kondusif dapat menghasilkan lulusan dengan kualifikasi Ahli Madya Bahasa Inggris yang memiliki penguasaan Bahasa Inggris baik untuk tujuan umum (general English) dan terlebih lagi tujuan-tujuan aplikatif (Bahasa Inggris untuk Penerjemahan dan bisnis hospitalitas (hotel, restoran, dan pariwisata) yang dibutuhkan oleh masyarakat dan negara ini dalam rangka berkompetisi di dunia yang semakin global.

Tujuan :
Program Studi Bahasa Inggris dengan penekanan di bidang Penerjemahan berbasis Teknologi Informasi (TI), Penjurubahasaan, dan perhotelan, restoran dan pariwisata bertujuan untuk:

  1. Mencetak lulusan yang terampil dan berdaya saing tinggi di bidang komunikasi bahasa Asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, yang ditunjang oleh penguasaan bahasa asing lainnya (Bahasa Jepang), terutama untuk berkarya di bidang penerjemahan, penjurubahasaan, pelokalan, dan hotel, restoran dan pariwisata.
  2. Menghasilkan penelitian terapan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dunia usaha dan industri di bidang linguistik terapan atau bahasa Inggris terapan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam linguistik terapan, terutama yang terkait bahasa Inggris.
  4. Meningkatkan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan dengan stakeholders.
Kunjungi website jurusan

Program Studi Di Luar Domisili

0

Laboratorium

290

Mahasiswa

74

Kelas

5

Program studi

0

Prestasi

29

Dosen

Pendidikan telah menjadi kebutuhan primer karena dari pendidikan terlahir sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah juga menyadari pentingnya pendidikan untuk memajukan bangsa. Sejalan dengan hal ini, pemerintah berusaha terus memperluas akses dan pemerataan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Salah satu cara yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah mendirikan program studi di luar domisili atau yang saat ini dikenal sebagai PDD.  PDD dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi program diploma 1 dan diploma 2 di kabupaten/kota yang berbasis keunggulan lokal untuk memenuhi kebutuhan khusus. Selain itu PDD dibentuk untuk  meningkatkan kompetensi sumber daya manusia untuk memenuhi tenaga terampil dunia usaha dan dunia industri.  Dasar hukum pembentukan PDD adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2011 tentang penyelenggaraan program studi di luar domisili perguruan tinggi.

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, Polinema juga turut serta menyelenggarakan PDD. Salah satu bentuk PDD yang diselenggarakan oleh Polinema adalah Akademi Komunitas (AK). Polinema sebagai kampus induk dari berbagai Akademi Komunitas tersebut, senantiasa proaktif dalam melakukan pendampingan, pembinaan dan pengawasan. Bentuk-bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka pendampingan, pembinaan dan pengawasan tersebut, antara lain:

  • Pelatihan Keterampilan Teknik Instruksional bagi dosen,
  • Penyusunan Organisasi Tata Kelola dan Statuta,
  • Pembuatan buku pedoman akademik
  • Pembuatan berbagai aplikasi terkomputerisasi guna mendukung proses akademik
  • Dll.
Kunjungi website jurusan

Teknik Sipil

0

Laboratorium

280

Mahasiswa

12

Kelas

3

Program studi

1

Prestasi

27

Dosen

D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi

Progam d-IV progam studi manajemen rekayasa konstruksi dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga manajerial bidang konstruksi bangunan gedung,air,dan transportasi,yang berkarakter technopreneur,sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi

Kompetensi Kelulusan

  1. Site manager proyek bidang konstruksi
  2. Perencana,pelaksana,pengawas,site engginer,dan technopreneur bidang konstruksi bangunanan
  3. Surveyor,quantity surveyor,quality controller,dan estimator bidang bangunan sipil
  4. Juru utama gambar tenik dan cad

Peluang Kerja
Lulusan progam studi manajemen rekayasa konstruksi,telah berhasil terserap d dunia usaha dan industri,diantaranya perusahaan konstruksi bangunan (kontraktor, konsultan, developer), perusahaan petambangan,industri alat berat , BUMN, pegawai negri sipil/militer,dan wirausaha.

D-III Teknik Sipil

Progam studi Teknik Sipil D-III , konsentrasi bangunan gedung d rancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang bengunan gedung, yang memiliki kompetensi bidang manajerial,desain,dan pembuatan bangunan gedung ,yang berkarakter technopreneur , sadar mutudengan keunggulan kompettif yang beretika profesi.
Progam studi Teknik Sipil D-III, konsentrasi bangunan sipil dirancang secara khusus guna menghasilkan tenaga ahli madya bidang bangunan air dan transportasi,yang memiliki komtensi bidang manajerial,desain,dan pelaksana bangunan air dantrnsportasi,yang berkarakter technopreneur , sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi.

Kompetensi lulusan

  1. Konsentrasi Bangunan Gedung
    • Desainer ,pembuat ,dan technopreneur bidang bangunan gedung.
    • Analis karakteristik bahan teknik.
    • Juru utama gambar teknik dan cad.
  2. Konsentrasi Bangunan Transportasi
    • Perencana,pelaksana,pengawas,site engineer,dan technopreneur bidang bangunan sipil.
    • Surveyor,quantity surveyor,quality controller,dan estimator bidang bangunan sipil.
    • Juru utama gambar tenik dan cad.

Peluang Kerja
Lulusan progam studi Teknik Sipil,telah berhasil terserap di dunia usaha dan ndustri , di antaranya perusahaan konstruksi bangunan (kontraktor,konsultan,developer),perusahaan pertambangan ,industri alat berat ,BUMN,pegawai negri sipil/militer,dan wirausaha.

Kunjungi website jurusan