Pengabdian Masyarakat

PKM Swadana (DIPA)

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh perguruan tinggi diartikan sebagai pengamalan atau penerapan ipteks dengan metode yang ilmiah yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara melembaga kepada masyarakat yang membutuhkannya dalam upaya mensukseskan pembangunan dan mengembangkan sumber daya manusia.
Kegiatan PKM di Polinema dimaksudkan untuk:

  • Mempercepat peningkatan kemampuan sumberdaya manusia/masyarakat dan neningkatkan potensi yang ada agar menjadi kekuatan yang nyata;
  • Memberikan masukan bagi kurikulum di Polinema; dan
  • Menciptakan sinergi antara masyarakat dengan Polinema secara melembaga dalam usaha pengembangan institusi dan kerjasama dengan masyarakat.

PKM DIPA reguler merupakan PKM yang didanai melalui dana DIPA dan diadakan secara rutin setiap tahun. Pada sejumlah usulan PKM yang diajukan staf pengajar diadakan proses seleksi/evaluasi. Dari proses seleksi/evaluasi tersebut akan disetujui beberapa paket PKM sesuai dengan jumlah dana yang tersedia.

Secara umum sangat diharapkan kegiatan PKM merupakan implementasi dari hasil penelitian. Jika ditinjau dari segi kategori kegiatan pengabdiannya maka PKM DIPA di Polinema dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Pendidikan kepada masyarakat.
    Jenis-jenis kegiatan yang termasuk dalam pendidikan kepada masyarakat antara lain kursus, penataran, lokakarya, latihan kerja, penyuluhan, dan berbagai pendidikan luar sekolah lainnya;
  2. Pelayanan kepada masyarakat.
    Kegiatan ini dapat berupa bantuan untuk menyusun perencanaan kota, perencanaan proyek, studi kelayakan, evaluasi proyek, perencanaan kurikulum pendidikan, rekayasa nilai, maupun berupa bantuan pelayanan kesehatan, bantuan pelayanan hukum, bimbingan kerja, serta berbagai jasa konsultasi keahlian lainnya; dan
  3. Pengembangan dan penerapan hasil penelitian.
    Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah upaya untuk mengembangkan hasil–hasil penelitian menjadi produk baru berupa pengetahuan terapan, teknologi, ataupun seni, baik itu piranti lunak (software) seperti cara kerja, prosedur kerja metoda mengajar, materi pelajaran dan lain sebagainnya, maupun piranti keras (hardware) seperti alat–alat baru, mesin–mesin baru dan berbagai piranti keras lain yang lebih canggih serta yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna.

PKM Hibah

PKM HIBAH merupakan PKM yang dilaksanakan dengan dukungan dana dari pihak luar/sponsor (non-DIPA), Program yang termasuk di dalamnya antara lain program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) misalnya Dana Desentralisasi, program kerjasama PKM dari industri, program dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), atau program-program lainnya.

Hibah pengabdian kepada masyarakat yang terdiri atas tujuh skema, yaitu:

  1. Ipteks bagi Masyarakat (IbM);
  2. Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK);
  3. Ipteks bagi Produk Ekspor (IbPE);
  4. Ipteks bagi Inovasi Kreativitas Kampus (IbIKK);
  5. Ipteks bagi Wilayah (IbW);
  6. Ipteks bagi Wilayah antara PT-CSR atau PT-Pemda-CSR (IbWPT); dan
  7. Hibah Hi-Link.

Profil Polinema

Polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur,Indonesia. Malang merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena udaranya yang sejuk dan populasi yang tidak begitu padat (sekitar 800 ribu penduduk). Di Malang terdapat banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya dengan kualitas yang bagus. Selain itu, Malang merupakan tempat yang mudah dijangkau. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara interasional Juanda, Surabaya. Fasilitas transportasi umum dalam kota yang bisa digunakan untuk menuju ke Polinema juga sangat memadai.

Polinema terus berkembang untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang superior dan siap bersaing di dunia global. Polinema memiliki sistem pendidikan yang inovatif dan ketrampilan kompetitif yang secara global dibutuhkan oleh industri, badan pemerintahan dan masyarakat. Polinema mendukung penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Polinema juga berkomitmen untuk melaksanakan sistem manajemen pendidikan dengan prinsip pemerintahan yang baik. Polinema juga yakin bahwa atmosfer akademik yang kondusif sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan pengajaran yang mendukung belajar sepanjang hayat dan pertumbuhan jiwa wirausaha.

Kemahasiswaan

Sebagai perguruan tinggi vokasi yang terkemuka di Indonesia, Polinema berkomitmen untuk turut memajukan pendidikan dan ketrampilan anak bangsa dengan menyediakan komunitas belajar yang berkualitas dengan didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Polinema membuka kesempatan yag luas untuk setiap anak bangsa untuk bergabung dalam komunitas belajar vokasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Polinema. Dengan mengadakan beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, maka kesempatan untuk bergabung di Polinema menjadi lebih besar.

Polinema membagi bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya menjadi dua kategori, yaitu bidang ilmu rekayasa dan bidang ilmu tata niaga. Pada pelaksanaannya, setiap bidang ilmu dijabarkan lagi pada tingkat jurusan dan program studi, untuk jenjang sarjana dan diploma, diantaranya:

Penelitian

Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat di Politeknik Negeri Malang dikelola oleh Unit pelaksana teknis bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPT-P2M) yang merupakan salah satu unit yang menempati posisi strategis yang mendukung visi institusi dalam meningkatkan kemampuan, pemanfaatan, penguasaan, dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara dinamis dan mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah akademik dan kemasyarakatan.

P2M mengemban tugas menggerakkan dwidharma dari tridharma perguruan tinggi, dengan mewujudkan (1) terselenggaranya bentuk penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HKI (Hak Kekayaan Intelektual), (2) terselenggaranya bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi yang diterapkan diarahkan untuk (1) memperkuat rencana pengembangan penelitian meliputi melaksanakan bentuk penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna, teknologi terapan dan karya desain; menyebarluaskan hasil penelitian pengajar/mahasiswa yang merefleksikan masalah-masalah industri (proses produksi) dan bermanfaat langsung pada masyarakat; meningkatkan kerja sama penelitian dengan industri, instansi lain dan lembaga penelitian, dan (2) rencana pengembangan pengabdian masyarakat yang meliputi: mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan; menyebarluaskan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu diketahui dan dapat bermanfaat bagi masyarakat; penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat sesuai situasi dan tuntutan pembangunan masyarakat; pemberian jasa pelayanan profesional dalam berbagai bidang permasalahan dengan menggunakan keahlian yang belum dimiliki oleh masyarakat pengguna.

Upaya telah dilakukan untuk memantapkan peran adalah melalui penataan dan penguatan lembaga P2M terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai interface yang menjembatani akses komunikasi dan hubungan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan pangkalan data yang menjamin terdokumentasinya hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, sehingga meningkatkan daya tanggap terhadap kebutuhan dan perubahan lingkungan eksternal. Sejalan dengan peningkatan kinerja di lingkungan internal, telah terlaksana beberapa kegiatan hibah kompetisi bidang penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional seperti penelitian hibah bersaing, studi kajian wanita, dosen muda, fundamental, pekerti, penelitian strategi nasional, vucher, dan lainnya. Publikasi hasil penelitian, kegiatan pengabdian dan karya ilmiah lainnya akan lebih ditingkatkan agar memiliki implikasi nyata.

Sistem Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Tenetur, ullam quaerat amet quia atque sequi nam id dolorem quas labore recusandae tempora harum, repellendus reiciendis molestias? Illo cumque distinctio rem!

Unit Layanan / Fasilitas

Politeknik Negeri Malang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan. Penigkatan kualitas layanan tersebut dilakukan dalam rangka mencapai visi institusi, yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk sinergitas fungsi kerja dari semua elemen yang ada di dalam institusi.

Untuk menyediakan layanan dalam urusan administrasi baik untuk bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, administrasi umum menjadi fungsi utama dari BAAK dan BAUK. Sedangkan layanan dalam bidang teknologi informasi disediakan oleh Puskom,

Untuk menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi, Polinema menyediakan bagian Entrepreneurship Training Unit (ETU). Bagian tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa untuk mencoba menerapkan teori kewirausahaan yang telah didapatkan dalam materi perkuliahan. Pembentukan jalinan kerjasama internasional menjadi fokus dari Kantor Urusan Internasional (KUI). Dan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan layanan setiap entitas yang ada di Polinema dilakukan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM).

Selain beberapa bagian yang telah disebutkan di atas, masih terdapat bagian-bagian lain yang memegang fungsi layanan yang spesifik, yang akan memberikan layanan bagi seluruh civitas akademik Polinema.