Rencana Strategis

Fase pertama (2010-2014) dalam pembangunan pendidikan di Politeknik Negeri Malang yang dilaksanakan dengan tema Penataan dan Pengembangan Kapasitas Internal telah dilalui. Bagaimanapun banyak prestasi dan pengalaman yang diperoleh dan menjadi pembelajaran bagi peningkatan kualitas pembangunan pendidikan di fase yang kedua (2015-2019). Perubahan, Persaingan, dan Mutu tetap merupakan keniscayaan yang harus “diyakini” oleh seluruh anggota Sivitas Akademika dan segenap Tenaga Kependidikan di Politeknik Negeri Malang sebagai faktor-faktor yang menumbuhkan Kesadaran Internal agar Politeknik Negeri Malang selalu mempunyai kepekaan terhadap setiap perubahan lingkungan - di seluruh aspek, baik internal maupun eksternal - yang terjadi dan menjadikan peningkatan daya saing sebagai landasan untuk selalu meningkatkan mutu layanan Tridharma secara terus menerus. Selain dari aspek-aspek tersebut di atas, perujukan terhadap regulasi-regulasi bidang pendidikan merupakan tindakan yang harus dilakukan dalam upaya peningkatan mutu layanan Tridharma secara terus menerus.

Sebagaimana lazimnya, untuk mewadahi seluruh rencana pembangunan pendidikan di Politeknik Negeri Malang, maka disusun dokumen rencana strategis dengan kerangka waktu tahun 2015 sampai dengan 2019. Fase kedua (2015-2019) pembangunan pendidikan di Politeknik Negeri Malang diterapkan dengan tema Penguatan Kapasitas Internal dan Pengembangan Daya Saing Regional. Maksud dari tema tersebut adalah pemenuhan kebutuhan Politeknik Negeri Malang dalam hal:

  1. Peningkatan kualitas terhadap seluruh aspek dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi.
  3. Pengusulan Statuta dan Organisasi Tata Kelola Baru Politeknik Negeri Malang.
  4. Pengembangan progam studi-program studi baru, termasuk program studimagister terapan, dan berperan dalam pembinaan program studi di luar domisili (PDD) untuk meningkatkan akses dan ekuitas pada pendidikan tinggi.
  5. Penyusunan Rencana Strategis Bisnis 2015-2019 (Renstrabis 2015-2019) dan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) secara tahunan sebaga wujud ketaatan terhadap regulasi dalam kerangka Politeknik Negeri Malang sebagai satuan kerja Badan Layanan Umum.
  6. Implementasi remunerasi berbasis kinerja bagi Dosen dan segenap Tenaga Kependidikan.
  7. Peningkatan kuantitas dan kualitas kerjasama dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi. Dalam hal ini adalah kerjasama bidang akademik dan/atau bidang non-akademik dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, atau pihak lain, baik dalam negeri maupun luar negeri melalui modus penawaran dan/atau permintaan yang diselenggarakan dengan pola pembimbing-dibimbing dan/atau kolaborasi. Program/kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya inisiasi internasionalisasi Politeknik Negeri Malang, dan
  8. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang terintegrasi.

Hal-hal tersebut di atas harus diwujudkan oleh Politeknik Negeri Malang sebagai tanggung jawab dan upaya berkesinambungan untuk memperoleh:

  1. Akreditasi institusi Politeknik Negeri Malang dan seluruh program studi dengan peringkat yang tertinggi (A); dan
  2. Peringkat yang lebih tinggi dalam pemeringkatan (ranking) perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

ARAH PENGEMBANGAN POLITEKNIK NEGERI MALANG

Berkas Pendukung:

  • Renstra 2015-2019 Polinema [ unduh ]

Profil Polinema

Polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur,Indonesia. Malang merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena udaranya yang sejuk dan populasi yang tidak begitu padat (sekitar 800 ribu penduduk). Di Malang terdapat banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya dengan kualitas yang bagus. Selain itu, Malang merupakan tempat yang mudah dijangkau. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara interasional Juanda, Surabaya. Fasilitas transportasi umum dalam kota yang bisa digunakan untuk menuju ke Polinema juga sangat memadai.

Polinema terus berkembang untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang superior dan siap bersaing di dunia global. Polinema memiliki sistem pendidikan yang inovatif dan ketrampilan kompetitif yang secara global dibutuhkan oleh industri, badan pemerintahan dan masyarakat. Polinema mendukung penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Polinema juga berkomitmen untuk melaksanakan sistem manajemen pendidikan dengan prinsip pemerintahan yang baik. Polinema juga yakin bahwa atmosfer akademik yang kondusif sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan pengajaran yang mendukung belajar sepanjang hayat dan pertumbuhan jiwa wirausaha.

Kemahasiswaan

Sebagai perguruan tinggi vokasi yang terkemuka di Indonesia, Polinema berkomitmen untuk turut memajukan pendidikan dan ketrampilan anak bangsa dengan menyediakan komunitas belajar yang berkualitas dengan didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Polinema membuka kesempatan yag luas untuk setiap anak bangsa untuk bergabung dalam komunitas belajar vokasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Polinema. Dengan mengadakan beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, maka kesempatan untuk bergabung di Polinema menjadi lebih besar.

Polinema membagi bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya menjadi dua kategori, yaitu bidang ilmu rekayasa dan bidang ilmu tata niaga. Pada pelaksanaannya, setiap bidang ilmu dijabarkan lagi pada tingkat jurusan dan program studi, untuk jenjang sarjana dan diploma, diantaranya:

Penelitian

Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat di Politeknik Negeri Malang dikelola oleh Unit pelaksana teknis bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPT-P2M) yang merupakan salah satu unit yang menempati posisi strategis yang mendukung visi institusi dalam meningkatkan kemampuan, pemanfaatan, penguasaan, dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara dinamis dan mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah akademik dan kemasyarakatan.

P2M mengemban tugas menggerakkan dwidharma dari tridharma perguruan tinggi, dengan mewujudkan (1) terselenggaranya bentuk penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HKI (Hak Kekayaan Intelektual), (2) terselenggaranya bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi yang diterapkan diarahkan untuk (1) memperkuat rencana pengembangan penelitian meliputi melaksanakan bentuk penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna, teknologi terapan dan karya desain; menyebarluaskan hasil penelitian pengajar/mahasiswa yang merefleksikan masalah-masalah industri (proses produksi) dan bermanfaat langsung pada masyarakat; meningkatkan kerja sama penelitian dengan industri, instansi lain dan lembaga penelitian, dan (2) rencana pengembangan pengabdian masyarakat yang meliputi: mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan; menyebarluaskan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu diketahui dan dapat bermanfaat bagi masyarakat; penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat sesuai situasi dan tuntutan pembangunan masyarakat; pemberian jasa pelayanan profesional dalam berbagai bidang permasalahan dengan menggunakan keahlian yang belum dimiliki oleh masyarakat pengguna.

Upaya telah dilakukan untuk memantapkan peran adalah melalui penataan dan penguatan lembaga P2M terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai interface yang menjembatani akses komunikasi dan hubungan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan pangkalan data yang menjamin terdokumentasinya hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, sehingga meningkatkan daya tanggap terhadap kebutuhan dan perubahan lingkungan eksternal. Sejalan dengan peningkatan kinerja di lingkungan internal, telah terlaksana beberapa kegiatan hibah kompetisi bidang penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional seperti penelitian hibah bersaing, studi kajian wanita, dosen muda, fundamental, pekerti, penelitian strategi nasional, vucher, dan lainnya. Publikasi hasil penelitian, kegiatan pengabdian dan karya ilmiah lainnya akan lebih ditingkatkan agar memiliki implikasi nyata.

Sistem Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Tenetur, ullam quaerat amet quia atque sequi nam id dolorem quas labore recusandae tempora harum, repellendus reiciendis molestias? Illo cumque distinctio rem!

Unit Layanan / Fasilitas

Politeknik Negeri Malang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan. Penigkatan kualitas layanan tersebut dilakukan dalam rangka mencapai visi institusi, yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk sinergitas fungsi kerja dari semua elemen yang ada di dalam institusi.

Untuk menyediakan layanan dalam urusan administrasi baik untuk bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, administrasi umum menjadi fungsi utama dari BAAK dan BAUK. Sedangkan layanan dalam bidang teknologi informasi disediakan oleh Puskom,

Untuk menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi, Polinema menyediakan bagian Entrepreneurship Training Unit (ETU). Bagian tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa untuk mencoba menerapkan teori kewirausahaan yang telah didapatkan dalam materi perkuliahan. Pembentukan jalinan kerjasama internasional menjadi fokus dari Kantor Urusan Internasional (KUI). Dan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan layanan setiap entitas yang ada di Polinema dilakukan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM).

Selain beberapa bagian yang telah disebutkan di atas, masih terdapat bagian-bagian lain yang memegang fungsi layanan yang spesifik, yang akan memberikan layanan bagi seluruh civitas akademik Polinema.