Sub Bagian Kepegawaian

Sub.Bag Kepegawaian secara hierarkhis berada di bawah Biro Administrasi Umum dan Keuangan Politeknik Negeri Malang

Administrasi kepegawaian berkaitan dengan penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Sistem administrasi kepegawaian adalah bagian dari administrasi negara yang kebijaksanaannya ditentukan dari tujuan yang ingin dicapai.

Sistem administrasi kepegawaian yang digunakan mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Dalam undang-undang tersebut dinyatakan bahwa dalam rangka usaha mencapai tujuan nasional untuk mewujudkan masyarakat madani yang taat hukum, berperadaban modern, demokratis, adil, dan bermoral tinggi, diperlukan pegawai negeri yang merupakan unsur aparatur negara yang bertugas sebagai abdi masyarakat yang menyelenggarakan pelayanan secara adil dan merata, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Administrasi kepegawaian pada hakikatnya melakukan dua fungsi yaitu fungsi manajerial, dan fungsi operatif (teknis). Fungsi manajerial berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran (mental) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pegawai. Sedangkan fungsi operatif (teknis), berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan fisik, meliputi pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemensiunan pegawai.

Guna kelancaran tugas Kepala Sub Bag. Kepegawaian dibantu 2 Kepala Urusan:

  1. Kepala Urusan/Ka.Ur. Mutasi Dosen
  2. Kepala Urusan/Ka.Ur. Mutasi Tenaga Kependidikan/Tenaga Non Dosen

Beberapa jenis layanan yang ditangani oleh Sub Bagian Kepegawaian antara lain:

  1. Usul Formasi
  2. Pengadaan CPNS
  3. Prajabatan
  4. Usul Pengangkatan CPNS menjadi PNS
  5. Kartu Pegawai/Karpeg
  6. Kartu Isteri/Karis dan Kartu Suami/Karsu
  7. Kenaikan Gaji Berkala
  8. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Sebelumnya DP3)
  9. Penilaian Angka Kredit/PAK Dosen dan Tenaga Fungsional Lainnya/Non Dosen
  10. Usul Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen
  11. Usul Kenaikan Tenaga Kependidikan/Adm. dan Tenaga Fungsional Lainnya/Tertentu
  12. Pendidikan dan Pelatihan
  13. Usul Penghargaan Satya Lancana Karya Satya
  14. Usul Pemberhentian PNS/Pensiun
  15. SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian)
  16. SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian) BKN
  17. HRMS (Human Resources Management System)
Bagian Administrasi Umum dan Keuangan
Gd. AA Lt. 1, Jl. Soekarno Hatta No. 9 Malang
Telp: 0341-404 424 pswt. 1012
Email: baak@polinema.ac.id
Website: http://kepegawaian.polinema.ac.id/

Profil Polinema

Polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur,Indonesia. Malang merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena udaranya yang sejuk dan populasi yang tidak begitu padat (sekitar 800 ribu penduduk). Di Malang terdapat banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya dengan kualitas yang bagus. Selain itu, Malang merupakan tempat yang mudah dijangkau. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara interasional Juanda, Surabaya. Fasilitas transportasi umum dalam kota yang bisa digunakan untuk menuju ke Polinema juga sangat memadai.

Polinema terus berkembang untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang superior dan siap bersaing di dunia global. Polinema memiliki sistem pendidikan yang inovatif dan ketrampilan kompetitif yang secara global dibutuhkan oleh industri, badan pemerintahan dan masyarakat. Polinema mendukung penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Polinema juga berkomitmen untuk melaksanakan sistem manajemen pendidikan dengan prinsip pemerintahan yang baik. Polinema juga yakin bahwa atmosfer akademik yang kondusif sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan pengajaran yang mendukung belajar sepanjang hayat dan pertumbuhan jiwa wirausaha.

Kemahasiswaan

Sebagai perguruan tinggi vokasi yang terkemuka di Indonesia, Polinema berkomitmen untuk turut memajukan pendidikan dan ketrampilan anak bangsa dengan menyediakan komunitas belajar yang berkualitas dengan didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Polinema membuka kesempatan yag luas untuk setiap anak bangsa untuk bergabung dalam komunitas belajar vokasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Polinema. Dengan mengadakan beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, maka kesempatan untuk bergabung di Polinema menjadi lebih besar.

Polinema membagi bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya menjadi dua kategori, yaitu bidang ilmu rekayasa dan bidang ilmu tata niaga. Pada pelaksanaannya, setiap bidang ilmu dijabarkan lagi pada tingkat jurusan dan program studi, untuk jenjang sarjana dan diploma, diantaranya:

Penelitian

Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat di Politeknik Negeri Malang dikelola oleh Unit pelaksana teknis bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPT-P2M) yang merupakan salah satu unit yang menempati posisi strategis yang mendukung visi institusi dalam meningkatkan kemampuan, pemanfaatan, penguasaan, dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara dinamis dan mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah akademik dan kemasyarakatan.

P2M mengemban tugas menggerakkan dwidharma dari tridharma perguruan tinggi, dengan mewujudkan (1) terselenggaranya bentuk penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HKI (Hak Kekayaan Intelektual), (2) terselenggaranya bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi yang diterapkan diarahkan untuk (1) memperkuat rencana pengembangan penelitian meliputi melaksanakan bentuk penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna, teknologi terapan dan karya desain; menyebarluaskan hasil penelitian pengajar/mahasiswa yang merefleksikan masalah-masalah industri (proses produksi) dan bermanfaat langsung pada masyarakat; meningkatkan kerja sama penelitian dengan industri, instansi lain dan lembaga penelitian, dan (2) rencana pengembangan pengabdian masyarakat yang meliputi: mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan; menyebarluaskan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu diketahui dan dapat bermanfaat bagi masyarakat; penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat sesuai situasi dan tuntutan pembangunan masyarakat; pemberian jasa pelayanan profesional dalam berbagai bidang permasalahan dengan menggunakan keahlian yang belum dimiliki oleh masyarakat pengguna.

Upaya telah dilakukan untuk memantapkan peran adalah melalui penataan dan penguatan lembaga P2M terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai interface yang menjembatani akses komunikasi dan hubungan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan pangkalan data yang menjamin terdokumentasinya hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, sehingga meningkatkan daya tanggap terhadap kebutuhan dan perubahan lingkungan eksternal. Sejalan dengan peningkatan kinerja di lingkungan internal, telah terlaksana beberapa kegiatan hibah kompetisi bidang penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional seperti penelitian hibah bersaing, studi kajian wanita, dosen muda, fundamental, pekerti, penelitian strategi nasional, vucher, dan lainnya. Publikasi hasil penelitian, kegiatan pengabdian dan karya ilmiah lainnya akan lebih ditingkatkan agar memiliki implikasi nyata.

Sistem Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Tenetur, ullam quaerat amet quia atque sequi nam id dolorem quas labore recusandae tempora harum, repellendus reiciendis molestias? Illo cumque distinctio rem!

Unit Layanan / Fasilitas

Politeknik Negeri Malang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan. Penigkatan kualitas layanan tersebut dilakukan dalam rangka mencapai visi institusi, yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk sinergitas fungsi kerja dari semua elemen yang ada di dalam institusi.

Untuk menyediakan layanan dalam urusan administrasi baik untuk bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, administrasi umum menjadi fungsi utama dari BAAK dan BAUK. Sedangkan layanan dalam bidang teknologi informasi disediakan oleh Puskom,

Untuk menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi, Polinema menyediakan bagian Entrepreneurship Training Unit (ETU). Bagian tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa untuk mencoba menerapkan teori kewirausahaan yang telah didapatkan dalam materi perkuliahan. Pembentukan jalinan kerjasama internasional menjadi fokus dari Kantor Urusan Internasional (KUI). Dan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan layanan setiap entitas yang ada di Polinema dilakukan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM).

Selain beberapa bagian yang telah disebutkan di atas, masih terdapat bagian-bagian lain yang memegang fungsi layanan yang spesifik, yang akan memberikan layanan bagi seluruh civitas akademik Polinema.