SPI

Pembentukan unit kerja Satuan Pengawasan Intern (SPI) POLINEMA dimaksudkan untuk memperkuat pelaksanaan pengawasan internal pada Politeknik Negeri Malang. Menteri Pendidikan Nasional telah menerbitkan Peraturan Menteri 16 tahun 2009 tentang Satuan Pengawasan Intern di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Selanjutnya Peraturan ini diperbaharui dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 47 Tahun 2011. Lebih lanjut, Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Dokumen pada Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis SPI.

Visi SPI POLINEMA adalah menjadi satuan pengawasan intern yang mempunyai integritas dan profesionalisme tinggi, dalam rangka melaksanakan pengawasan yang berkualitas terhadap layanan pendidikan di Politeknik Negeri Malang

Secara khusus, misi yang dilaksanakan SPI POLINEMA adalah:

  • Mendorong kepatuhan pelaksanaan program sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Melaksanakan pengawasan intern non-akdemik atas aktivitas unit kerja di POLINEMA.
  • Melaksanakan reviu dan evaluasi terhadap proses pengendalian manajemen, operasional, dan keuangan menuju terciptanya tata kelola yang baik.
  • Melaksanakan koordinasi dengan Badan Pengawas dan/atau auditor eksternal untuk mencapai akuntabilitas publik institusi secara optimal.

Berdasarkan petunjuk teknis SPI dari inspektorat Jendral Kemdikbud (2012), ruang lingkup tugas SPI POLINEMA adalah:

  • Pengawasan terhadap aspek ‘tugas dan fungsi’ mencakup perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi program dan kegiatan satuan kerja (POLINEMA).
  • Pengawasan terhadap aspek ‘kepegawaian’ mencakup yaitu penyusunan formasi pegawai, kesejahteraan pegawai, pembinaan dan disiplin pegawai serta pemensiunan dan pemberhentian pegawai.
  • Pengawasan terhadap aspek ‘keuangan’ mencakup pengelolaan keuangan atas belanja pegawai, belanja barang, belanja modal dan bantuan sosial sebagaimana tertuang dalam DIPA/RKA-KL, pertanggungjawaban dan pelaporanannya.
  • Pengawasan terhadap barang milik Negara (BMN) mencakup pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan penghapusan serta Laporan SIMAK-BMN. Secara khusus, pengawasan prasarana teknologi informasi dan komunikasi termasuk dalam bidang BMN.
SPI
Gd. AA Jl. Soekarno Hatta No. 9 Malang
Telp: 0341-404 424 pswt. 2105
Email: spi@polinema.ac.id
Website: http://spi.polinema.ac.id

Profil Polinema

Polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur,Indonesia. Malang merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena udaranya yang sejuk dan populasi yang tidak begitu padat (sekitar 800 ribu penduduk). Di Malang terdapat banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya dengan kualitas yang bagus. Selain itu, Malang merupakan tempat yang mudah dijangkau. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara interasional Juanda, Surabaya. Fasilitas transportasi umum dalam kota yang bisa digunakan untuk menuju ke Polinema juga sangat memadai.

Polinema terus berkembang untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang superior dan siap bersaing di dunia global. Polinema memiliki sistem pendidikan yang inovatif dan ketrampilan kompetitif yang secara global dibutuhkan oleh industri, badan pemerintahan dan masyarakat. Polinema mendukung penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Polinema juga berkomitmen untuk melaksanakan sistem manajemen pendidikan dengan prinsip pemerintahan yang baik. Polinema juga yakin bahwa atmosfer akademik yang kondusif sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan pengajaran yang mendukung belajar sepanjang hayat dan pertumbuhan jiwa wirausaha.

Kemahasiswaan

Sebagai perguruan tinggi vokasi yang terkemuka di Indonesia, Polinema berkomitmen untuk turut memajukan pendidikan dan ketrampilan anak bangsa dengan menyediakan komunitas belajar yang berkualitas dengan didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Polinema membuka kesempatan yag luas untuk setiap anak bangsa untuk bergabung dalam komunitas belajar vokasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Polinema. Dengan mengadakan beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, maka kesempatan untuk bergabung di Polinema menjadi lebih besar.

Polinema membagi bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya menjadi dua kategori, yaitu bidang ilmu rekayasa dan bidang ilmu tata niaga. Pada pelaksanaannya, setiap bidang ilmu dijabarkan lagi pada tingkat jurusan dan program studi, untuk jenjang sarjana dan diploma, diantaranya:

Penelitian

Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat di Politeknik Negeri Malang dikelola oleh Unit pelaksana teknis bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPT-P2M) yang merupakan salah satu unit yang menempati posisi strategis yang mendukung visi institusi dalam meningkatkan kemampuan, pemanfaatan, penguasaan, dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara dinamis dan mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah akademik dan kemasyarakatan.

P2M mengemban tugas menggerakkan dwidharma dari tridharma perguruan tinggi, dengan mewujudkan (1) terselenggaranya bentuk penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HKI (Hak Kekayaan Intelektual), (2) terselenggaranya bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi yang diterapkan diarahkan untuk (1) memperkuat rencana pengembangan penelitian meliputi melaksanakan bentuk penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna, teknologi terapan dan karya desain; menyebarluaskan hasil penelitian pengajar/mahasiswa yang merefleksikan masalah-masalah industri (proses produksi) dan bermanfaat langsung pada masyarakat; meningkatkan kerja sama penelitian dengan industri, instansi lain dan lembaga penelitian, dan (2) rencana pengembangan pengabdian masyarakat yang meliputi: mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan; menyebarluaskan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu diketahui dan dapat bermanfaat bagi masyarakat; penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat sesuai situasi dan tuntutan pembangunan masyarakat; pemberian jasa pelayanan profesional dalam berbagai bidang permasalahan dengan menggunakan keahlian yang belum dimiliki oleh masyarakat pengguna.

Upaya telah dilakukan untuk memantapkan peran adalah melalui penataan dan penguatan lembaga P2M terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai interface yang menjembatani akses komunikasi dan hubungan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan pangkalan data yang menjamin terdokumentasinya hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, sehingga meningkatkan daya tanggap terhadap kebutuhan dan perubahan lingkungan eksternal. Sejalan dengan peningkatan kinerja di lingkungan internal, telah terlaksana beberapa kegiatan hibah kompetisi bidang penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional seperti penelitian hibah bersaing, studi kajian wanita, dosen muda, fundamental, pekerti, penelitian strategi nasional, vucher, dan lainnya. Publikasi hasil penelitian, kegiatan pengabdian dan karya ilmiah lainnya akan lebih ditingkatkan agar memiliki implikasi nyata.

Sistem Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Tenetur, ullam quaerat amet quia atque sequi nam id dolorem quas labore recusandae tempora harum, repellendus reiciendis molestias? Illo cumque distinctio rem!

Unit Layanan / Fasilitas

Politeknik Negeri Malang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan. Penigkatan kualitas layanan tersebut dilakukan dalam rangka mencapai visi institusi, yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk sinergitas fungsi kerja dari semua elemen yang ada di dalam institusi.

Untuk menyediakan layanan dalam urusan administrasi baik untuk bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, administrasi umum menjadi fungsi utama dari BAAK dan BAUK. Sedangkan layanan dalam bidang teknologi informasi disediakan oleh Puskom,

Untuk menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi, Polinema menyediakan bagian Entrepreneurship Training Unit (ETU). Bagian tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa untuk mencoba menerapkan teori kewirausahaan yang telah didapatkan dalam materi perkuliahan. Pembentukan jalinan kerjasama internasional menjadi fokus dari Kantor Urusan Internasional (KUI). Dan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan layanan setiap entitas yang ada di Polinema dilakukan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM).

Selain beberapa bagian yang telah disebutkan di atas, masih terdapat bagian-bagian lain yang memegang fungsi layanan yang spesifik, yang akan memberikan layanan bagi seluruh civitas akademik Polinema.