UPT Perpustakaan

Pada awal berdirinya tahun 1982, Politeknik Negeri Malang masih tergabung dengan Universitas Brawijaya, dan bemul ada perpustakaan. Buku untuk pembelajaran berbentuk job sheet dan buku teks yang tersebar di jurusan. Berdirinya perpustakaan Politeknik Negeri Malang berawal dari proses pengumpulan buku-buku yang ada di jurusan-jurusan guna dipakai belajar bersama pada tahun 1984. Pada tahun 1988 muncul peraturan dari pemerintah bahwa dalam satu universitas tidak diperbolehkan terdapat 2 perpustakaan, maka buku-buku yang sudah dikumpulkan tersebut dikembalikan kembali ke jurusan-jurusan. Baru pada tahun 1990 buku-buku tersebut dikumpulkan kembali dan dibentuk secara resmi Perpustakaan Politeknik Negeri Malang.

Seiring dengan perkembangan Politeknik Negeri Malang, kini Perpustakaan Politeknik Negeri Malang telah memiliki berbagai koleksi buku sebanyak 24032 eksemplar (8823 judul), 10726 Tugas Akhir mahasiswa, 1060 penelitian, 636 jurnal dll.


Visi

Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menjadi salah satu unit pendukung utama proses belajar mengajar untuk mewujudkan tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan menggunakan teknologi yang cocok, bermanfaat serta mudah digunakan.


Misi

  • Memberikan pelayanan prima kepada semua anggota
  • Menyediakan informasi mengenai ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi, sosial, budaya dan seni
  • Menyiapkan sistem automasi manajemen perpustakaan yang sempurna terintegrasi

Layanan Perpustakaan

  • Layanan Keanggotaan
    Pendaftaran keanggotaan bagi pemustaka yang akan menjadi anggota perpustakaan dapat dilayani paa jam kerja dengan ketentuan yang berlaku
  • Sirkulasi
    Buku-buku teks yang terdiri dari buku komputer, filsafat, agama, sosial, bahasa, ilmu-ilmu murni, ilmu terapan, kesenian, sastra dan sejarah
  • Layanan Tugas Akhir
    Penyerahan Tugas Akhir, Penelitian dalam bentuk softcopy dan hardcopy serta surat bebas pustaka bagi mahasiswa yang lulus
  • Layanan Fotokopi
    Layanan pengadaan bahan pustaka yang diperlukan pemustaka
  • Layanan Kartu Sakti
    Layanan antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam FKPT2N
  • Layanan Kartu Super
    Layanan untuk mengakses Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang tegabung dalam FPPTI


Koleksi Perpustakaan

  1. Koleksi Umum
  2. Koleksi Khusus
  3. Koleksi Cadangan/Tandon
  4. Koleksi Rujukan/Referensi
  5. Koleksi Multimedia
  6. Katalog DDC (Dewey Decimal Classification)
  7. Katalog Indeks Subyek

Waktu Pelayanan

Senin s/d Kamis : 08.00 – 16.00 WIB
Jum’at : 08.00 – 11.00 WIB dan 13.30 – 16.30 WIB

UPT. Perpustakaan
Gd. AE  Jl. Soekarno Hatta No. 9 Malang
Telp: 0341-404 424 pswt. 280
Email: -
Website: http://library.polinema.ac.id/

Profil Polinema

Polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur,Indonesia. Malang merupakan tempat yang nyaman untuk belajar karena udaranya yang sejuk dan populasi yang tidak begitu padat (sekitar 800 ribu penduduk). Di Malang terdapat banyak sekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya dengan kualitas yang bagus. Selain itu, Malang merupakan tempat yang mudah dijangkau. Kota ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara interasional Juanda, Surabaya. Fasilitas transportasi umum dalam kota yang bisa digunakan untuk menuju ke Polinema juga sangat memadai.

Polinema terus berkembang untuk menjadi institusi pendidikan vokasi yang superior dan siap bersaing di dunia global. Polinema memiliki sistem pendidikan yang inovatif dan ketrampilan kompetitif yang secara global dibutuhkan oleh industri, badan pemerintahan dan masyarakat. Polinema mendukung penelitian terapan dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi serta kesejahteraan masyarakat. Polinema juga berkomitmen untuk melaksanakan sistem manajemen pendidikan dengan prinsip pemerintahan yang baik. Polinema juga yakin bahwa atmosfer akademik yang kondusif sangat penting untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan pengajaran yang mendukung belajar sepanjang hayat dan pertumbuhan jiwa wirausaha.

Kemahasiswaan

Sebagai perguruan tinggi vokasi yang terkemuka di Indonesia, Polinema berkomitmen untuk turut memajukan pendidikan dan ketrampilan anak bangsa dengan menyediakan komunitas belajar yang berkualitas dengan didukung oleh suasana akademik yang kondusif. Polinema membuka kesempatan yag luas untuk setiap anak bangsa untuk bergabung dalam komunitas belajar vokasi dan menjadi bagian dari keluarga besar Polinema. Dengan mengadakan beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa, maka kesempatan untuk bergabung di Polinema menjadi lebih besar.

Polinema membagi bidang keilmuan yang diajarkan di dalamnya menjadi dua kategori, yaitu bidang ilmu rekayasa dan bidang ilmu tata niaga. Pada pelaksanaannya, setiap bidang ilmu dijabarkan lagi pada tingkat jurusan dan program studi, untuk jenjang sarjana dan diploma, diantaranya:

Penelitian

Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat di Politeknik Negeri Malang dikelola oleh Unit pelaksana teknis bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPT-P2M) yang merupakan salah satu unit yang menempati posisi strategis yang mendukung visi institusi dalam meningkatkan kemampuan, pemanfaatan, penguasaan, dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara dinamis dan mengarah pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan masalah akademik dan kemasyarakatan.

P2M mengemban tugas menggerakkan dwidharma dari tridharma perguruan tinggi, dengan mewujudkan (1) terselenggaranya bentuk penelitian terapan yang bermutu dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengarah kepada pencapaian HKI (Hak Kekayaan Intelektual), (2) terselenggaranya bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara langsung dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Strategi yang diterapkan diarahkan untuk (1) memperkuat rencana pengembangan penelitian meliputi melaksanakan bentuk penelitian yang berorientasi pada teknologi tepat guna, teknologi terapan dan karya desain; menyebarluaskan hasil penelitian pengajar/mahasiswa yang merefleksikan masalah-masalah industri (proses produksi) dan bermanfaat langsung pada masyarakat; meningkatkan kerja sama penelitian dengan industri, instansi lain dan lembaga penelitian, dan (2) rencana pengembangan pengabdian masyarakat yang meliputi: mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan; menyebarluaskan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu diketahui dan dapat bermanfaat bagi masyarakat; penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat sesuai situasi dan tuntutan pembangunan masyarakat; pemberian jasa pelayanan profesional dalam berbagai bidang permasalahan dengan menggunakan keahlian yang belum dimiliki oleh masyarakat pengguna.

Upaya telah dilakukan untuk memantapkan peran adalah melalui penataan dan penguatan lembaga P2M terutama dalam penggunaan teknologi informasi sebagai interface yang menjembatani akses komunikasi dan hubungan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dan pangkalan data yang menjamin terdokumentasinya hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan baik, sehingga meningkatkan daya tanggap terhadap kebutuhan dan perubahan lingkungan eksternal. Sejalan dengan peningkatan kinerja di lingkungan internal, telah terlaksana beberapa kegiatan hibah kompetisi bidang penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional seperti penelitian hibah bersaing, studi kajian wanita, dosen muda, fundamental, pekerti, penelitian strategi nasional, vucher, dan lainnya. Publikasi hasil penelitian, kegiatan pengabdian dan karya ilmiah lainnya akan lebih ditingkatkan agar memiliki implikasi nyata.

Sistem Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Tenetur, ullam quaerat amet quia atque sequi nam id dolorem quas labore recusandae tempora harum, repellendus reiciendis molestias? Illo cumque distinctio rem!

Unit Layanan / Fasilitas

Politeknik Negeri Malang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan. Penigkatan kualitas layanan tersebut dilakukan dalam rangka mencapai visi institusi, yaitu menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul dalam persaingan global. Dengan kualitas layanan yang baik, maka akan terbentuk sinergitas fungsi kerja dari semua elemen yang ada di dalam institusi.

Untuk menyediakan layanan dalam urusan administrasi baik untuk bidang akademik, kemahasiswaan, kepegawaian, administrasi umum menjadi fungsi utama dari BAAK dan BAUK. Sedangkan layanan dalam bidang teknologi informasi disediakan oleh Puskom,

Untuk menciptakan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi, Polinema menyediakan bagian Entrepreneurship Training Unit (ETU). Bagian tersebut akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa untuk mencoba menerapkan teori kewirausahaan yang telah didapatkan dalam materi perkuliahan. Pembentukan jalinan kerjasama internasional menjadi fokus dari Kantor Urusan Internasional (KUI). Dan untuk menjaga dan menjamin kualitas pendidikan dan layanan setiap entitas yang ada di Polinema dilakukan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM).

Selain beberapa bagian yang telah disebutkan di atas, masih terdapat bagian-bagian lain yang memegang fungsi layanan yang spesifik, yang akan memberikan layanan bagi seluruh civitas akademik Polinema.